Megahnya Masjid di Perm Dengan Kubah Masjid warna Hijau

 

Masjid pusat Perm atau permanen Central Mosque atau Пермская соборная мечеть, di buat pada th. 1902 dan th. 1903 di kota Perm di tempat Tartar, Rusia. Semuanya system buat Masjid dibiayai oleh tartar kaya dari keluarga Muslim kerajaan yang dimaksud warga. Kontraktor Kubah Masjid di desain oleh Alexander Ozhegova. Dalam setahun lebih terakhir sejak mulai pembangunan Masjid itu telah memegang rekor jadi Masjid dengan tempat paling utara di bumi.

Seperti masjid mesjid dan tempat melaksanakan ibadah di Rusia, selama rezim Sosialis Uni Soviet, tetaplah pusat Masjid selalu terpaksa sekali tutup Partai Komunis Uni Soviet yang berkuasa saat itu yang beda. Masjid pusat di Perm mengatur pasukan Komunis dan jadi satu gudang file pada th. 1940 dan 1986. Masjid baru saja kembali ke umat Islam pada 1990 didalam rubuhnya Uni Soviet.

 

Pada tanggal 19 April 1900, atas hasrat Muslim lokal, Dewan kota Perm memerintahkan pembangunan satu masjid di samping bangunan biara dan Osissky. Daerah ketika itu sudah ruangan pemukiman Muslim untuk kota Perm. Pada th. 1901, beberapa orang Muslim terima izin pengembangan dan pada musim panas th. 1902 Masjid mulai beristirahat pada proyek arsitek lokal popular, Alexander Ozhegova. Dan pada 26 September 1903, Masjid di meluncurkan.

Pembangunan Masjid Perm tengah dibiayai semua oleh saudagar kaya yang Muslim di kota Perm, Agafurovyh, Timkin dan Ibatullin. Sebentar manajemen Masjid pertama dikelola oleh Hayrizmanova, muazin nurulla-Muhamet Zakir Tuhmetova, Ziganshi Nazyrov Ibatullina dan Gatauly Muhamatshina preman. Tengah Ketua Dewan diadakan oleh Ukaznoy jadi kota mullah Perm, muadzin dan Nazir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *