Menikmati Indahnya Pantai Gua Cemara yang Mempesona

Selain Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo terdapat sebuah pantai yang saat ini menjadi destinasi wisata favorit warga Kabupaten Bantul serta sekitarnya, pantai tersebut adalah Pantai Gua Cemara. Bahkan banyak juga warga dari luar daerah yang datang ke pantai ini untuk menikmati keindahan pantai selatan yang selalu menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Pantai yang terletak di Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini selalu dipenuhi oleh para pengunjung khususnya di akhir pekan dan hari libur nasional.

Pantai berada di barat Pantai Parangtritis, sekitar 4-5 kilometer jika diambil garis lurus. Pantai Gua Cemara merupakan pantai yang dikelola dan dikembangkan oleh pemerintah setempat serta masyarakat sekitar sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan pantai tersebut. Oleh pemerintah setempat, kawasan ini ditanami pohon-pohon cemara yang tumbuh subur di kawasan pantai. Ribuan pohon cemara ditanam di areal pantai yang dulunya tandus dan tidak dimabfaatkan atau terbengkalai.

 Lambat laun ribuan pohon-pohon cemara yang tumbuh subur tersebut dibeberapa bagian membentuk menyerupai mulut gua sehingga pantai baru ini pun diberi nama Pantai Gua Cemara. Yang menjadi daya tarik dari pantai ini adalah rimbunan pohon cemara membentuk seperti lorong yang cukup panjang yang memberi suasana yang berbeda saat melewatinya. Selain itu kawasan ini sangat sejuk dikarenakan oleh rindangnya pohon cemara tersebut.

Sebagai pantai yang relatif baru, pengelola sudah sangat profesional dalam mengelola kawasan ini. Kebersihan pantai dijaga dengan ketat, fasilitas umum pun ditata dengan rapi sehingga tidak tampak kesemerautan saat wisatawan datang dan memarkirkan kendaraannya di tempat yang tersedia. Warung-warung yang berjejer di kawasan pantai ditata dengan rapi, kamar mandi serta toilet juga dijaga kebersihanya sehingga pengunjung merapa nyaman dan tenang saat berwisata di kawasan ini.

Di pantai in wisatawan bisa menikamti pemandangan hamparan pantai hitam yang membentang luas. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati deburan ombak laut selatan yang dasyat dan juga bisa bermain air atau pasir di pinggir pantai sehingga tempat ini sangat layak untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Lokasi:

Objek wisata ini berada di di Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekitar satu jam setengah dari pusat kota Jogja jika mengunakan kendaraan bermotor. Jika Anda datang dengan rombongan besar maka bisa sewa bus di Jogja.

Tips Wisata:

  1. Bawa baju ganti jika ingin bermain air.
  2. Gunakan alas kaki yang nyaman.
  3. Tetap waspada saat bermain air di bibir pantai.
  4. Jagalah kebersihan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *