Apa Perbedaan Antara Serat Larut dan Tidak larut?

Serat larut dan tidak larut
Serat makanan adalah bagian dari makanan nabati yang kebanyakan melewati sistem pencernaan Anda tanpa dirobohkan atau dicerna. Ada dua jenis serat: serat larut dan tidak larut.

Serat larut larut dalam air, dan termasuk pektin tanaman dan gusi. Serat tak larut tidak larut dalam air. Ini termasuk selulosa tanaman dan hemiselulosa.

Sebagian besar tanaman mengandung serat larut dan tidak larut, namun dalam jumlah yang berbeda. Serat merupakan bagian penting dari diet sehat dan mendukung banyak sistem tubuh yang berbeda.

Baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang perbedaan, pro, dan kontra antara serat larut dan tidak larut.

Manfaat masing-masing jenis serat
Serat larut dan tidak larut memiliki keunikan tersendiri.

Sebagai serat larut larut, itu menciptakan gel yang dapat memperbaiki pencernaan dalam beberapa cara. Serat larut bisa mengurangi kolesterol darah dan gula. Ini membantu tubuh Anda memperbaiki kontrol glukosa darah, yang dapat membantu mengurangi risiko diabetes Anda.

Serat tak larut menarik air ke dalam tinja Anda, membuatnya lebih lembut dan mudah dilewati dengan sedikit ketegangan pada usus Anda. Serat yang tidak larut dapat membantu meningkatkan kesehatan dan keteraturan usus. Ini juga mendukung sensitivitas insulin, dan, seperti serat larut, dapat membantu mengurangi risiko diabetes Anda.

Serat makanan dapat melakukan banyak hal untuk mendukung kesehatan usus, yang peneliti semakin belajar berperan dalam banyak masalah kesehatan di seluruh tubuh Anda. Jumlah yang tepat dari keseluruhan serat makanan dapat:

mengendalikan berat badan
mengendalikan dan mungkin mencegah hipertensi
Membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah
mengatur pergerakan usus dan mencegah wasir
mengatur gula darah
atur sinyal satiasi tubuh Anda, yang memberi tahu Anda saat Anda kenyang
menurunkan risiko kanker usus besar
menurunkan risiko kanker payudara
menurunkan risiko diabetes
membutuhkan lebih banyak mengunyah, yang memperlambat makanan Anda dan membantu pencernaan

sakit buah pinggang

Tahukah kamu?
Meningkatkan asupan serat makanan Anda dengan dua porsi produk whole grain setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 21 persen.

RISIKO

Resiko mengkonsumsi terlalu banyak serat
Terlalu banyak serat bisa menyebabkan gas, nyeri, dan perut kembung. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda mengalami efek samping ini. Kemungkinan besar Anda mengkonsumsi lebih sedikit serat daripada yang Anda butuhkan, tidak lebih.

Jika Anda ingin meningkatkan asupan serat Anda, penting untuk meningkatkan porsi Anda perlahan dari waktu ke waktu. Untuk melihat semua manfaat makan serat, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda minum cukup air setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *